PELABUHAN KUALA TANJUNG (“BATU BARA”)



PELABUHAN KUALA TANJUNG (“BATU BARA”)


PT Pelabuhan Indonesia  akan membangun  pelabuhan.  pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara. Menteri BUMN Rini M Soemarno menegaskan pelaksanaan pembangunan Pelabuhan Kuala Tanjung, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara,.         Direktur Utama PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Bambang Eka Cahyana, mengakui, pengusulan izin pembangunan pelabuhan itu sudah dilakukan sejak 2013.
Pelabuhan kuala tanjung  yang lokasinya berdekatan dengan pt inalum, dan akan kerhubung dengan jalur kereta api
Pelabuhan Kuala Tanjung merupakan pendukung dari program Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3 EI) serta KEK Sei Mangke dan dirancang dapat menampung kapal-kapal berukuran.
Pelabuhan Kuala Tanjung merupakan pelabuhan yang menghubungkan daerah-daerah di Indonesia bagian barat. Adanya pelabuhan tersebut akan mengurangi kepadatan lalu lintas laut yang sangat tinggi di kawasan Selat Malaka.
Pelabuhan Kuala Tanjung sangat dibutuhkan untuk meningkatkan perekonomian di Sumut dan mempermudah akses jalur masuknya barang dari luar negeri  yang akan diekpor ke Indonesia  dan sebagai akses  untuk mempermudahkan  perekonomian  inalum, serta untuk mengembangkan perekonomian Indonesia.  pelabuhan  ini bakan akan menjadi pelabuhan besar karena didukung oleh alamnya seperti kedalamannya yang mampu menampung kapal berukuran besar yang tidak dapat dilakukan di Pelabuhan Belawan.
Pelabuhan Kuala Tanjung yang akan menjadi Pelabuhan Penghubung (Hub Port) pada di akhir 2016, pembangunan pelabuahn yang dilakukan sejak 2013yang akan di tergetkan selasai akhir 2016  dan  pelabuhan baru dapat beroperasi secara efektif pada 2017. “Rencana
Kita berharap dengan adanya pelabuhan kuala tanjung  sebagai berikut:
1.      Untuk membangun perekonomian Indonesia yang lebih baik
2.      Untuk mempermudahkan akses masuknya barang melalui pelabuhan kuala tanjung
3.      Untuk mempermudah akses  pt inalum

 


EmoticonEmoticon